Trik Menentukan Tipe Server yang Layak dengan Bisnis Anda

PC Server TerbaikSaat memulai merintis bisnis startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diterapkan. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu elemen prioritas yang menentukan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Berdasarkan yang patut dipikirkan pertama kali sebelum pilih variasi server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan diterapkan untuk keperluan high, menengah, atau cuma diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di permulaan, Anda kemudian baru bisa menentukan macam server yang cocok untuk jasa  Anda.

Trik Menentukan Tipe Server yang Layak dengan Bisnis Anda


Saat ini keperluannya, model server dibagi ke dalam empat kategori, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kesanggupan dari masing-masing server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server jenis ini biasanya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diaplikasikan sebab formatnya yang slim dan gampang ditaruh pada rak server.
Tipe server ini sangat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas user computer antara dua puluh hingga 100 orang bisa menggunakan server jenis ini. Midrange server mempunyai spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server macam entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai kekuatan back up untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup melakukan beberapa tugas secara beriringan. Server ini mampu melakukan sebagian tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, mengontrol metode pembagian data, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga dapat tampung lebih banyak data saat perusahaan berkembang lebih besar. Beberapa, server macam ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server belum memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meski demikian server tipe ini memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan macam ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu menggunakan suplai energi, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Model server ini sesuai untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs kabar, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah tipe server paling tinggi. Server ini dapat menciptakan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari seribu pengguna yang bergantung pada database yang besar.
Server ini umumnya dipakai oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang optimal agar server dapat bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu diandalkan setiap waktu.
Menentukan server yang ideal akan berakibat pada daya kerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi kerja pemakai atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini mampu mengakibatkan perusahaan rugi secara financial, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Komentar