Metode Memilih Tipe Server yang Pantas dengan Jasa Anda

Distributor Hewlett Packard IndonesiaDikala memulai merintis layanan startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal hal yang demikian dapat menjadi satu faktor penting yang menetapkan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang sepatutnya dipikirkan saat pertama kali sebelum menentukan macam server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk keperluan rumit, sedang, atau cuma digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru bisa memastikan model server yang cocok untuk layanan  Anda.

Metode Memilih Tipe Server yang Pantas dengan Jasa Anda


Sekarang ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam empat bagian, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini umumnya dipakai dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak digunakan karena bentuknya yang tipis dan gampang dipasangkan pada rak server.
Model server ini amat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah user pc antara 20 hingga 100 orang dapat menggunakan server jenis ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih bagus dibandingikan dengan server jenis entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai kekuatan cadangan untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menangani beberapa tugas secara bersamaan. Server ini bisa melakukan sebagian tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, mengontrol metode pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekstension sehingga bisa meyimpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih pesat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Jenis Blade server belum memiliki spesifikasi yang amat tinggi, walaupun demikian server jenis ini memiliki kelebihan tersendiri kalau diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Macam desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terkoneksi pada sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini mampu menggunakan penyuplai energi, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka kalau ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Jenis server ini sesuai untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, web informasi, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah model server tertinggi. Server ini dapat menghasilkan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari seribu pemakai yang bertumpu kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya digunakan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal agar server mampu berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang ideal akan berakibat pada kinerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak menampung pekerjaan pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kesalahan ini dapat mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Komentar