Kisi-kisi Pilih Macam Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda

Harga Server UnbkSaat mulai merintis jasa startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal tersebut dapat menjadi satu faktor penting yang mempertimbangkan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Menurut yang harus dipertimbangkan saat pertama kali sebelum memilih variasi server ialah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk keperluan high, sedang, atau cuma diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru dapat menentukan jenis server yang layak untuk layanan  Anda.

Kisi-kisi Pilih Macam Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda


Saat ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 klasifikasi, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server model ini biasanya dipakai dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diaplikasikan sebab bentuknya yang tidak memakan tempat dan gampang dipasangkan pada rak server.
Model server ini amat cocok untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan jumlah pemakai laptop antara dua puluh sampai seratus orang bisa menggunakan server jenis ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih baik jika dibandingkan server model entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan suplai energi cadangan untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa menghandle sebagian tugas secara berbarengan. Server ini bisa melakukan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, membatasi cara pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekstension sehingga sanggup menampung lebih banyak data ketika perusahaan berkembang lebih besar. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Model Blade server belum mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, meski demikian server tipe ini memiliki keistimewaan tersendiri apabila diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan tipe ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini mampu menggunakan suplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya jika ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Jenis server ini sesuai untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, web berita, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah tipe server paling tinggi. Server ini bisa menciptakan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari seribu pemakai yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini umumnya diaplikasikan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya disusun di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server model ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan metode pendingin ruangan yang optimal supaya server dapat bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang sanggup dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang pas akan berakibat pada performa bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berakibat buruk, bisa berupa server yang tidak mampu mengakomodasi pekerjaan user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Komentar