Kiat-kiat Memilih Tipe Server yang Layak dengan Jasa Anda

Harga Server UnbkSaat mulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal ini dapat menjadi sebuah faktor utama yang memastikan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang sepatutnya dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih tipe server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk keperluan high, menengah, atau hanya diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa mempertimbangkan macam server yang tepat untuk jasa  Anda.

Kiat-kiat Memilih Tipe Server yang Layak dengan Jasa Anda


Saat ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam 4 kelompok, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari tiap-tiap server tersebut? Yuk Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server tipe ini biasanya digunakan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang kecil, sekitar untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diaplikasikan karena wujudnya yang ramping dan gampang diletakkan pada rak server.
Model server ini amat cocok untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat pusat data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah user computer antara 20 hingga seratus orang dapat menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus jika dibandingkan server model entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai daya back up untuk menjaga server tetap menyala terus.

Midrange server sanggup menangani beberapa tugas secara beriringan. Server ini sanggup melaksanakan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengontrol sistem pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga bisa simpan lebih banyak data ketika perusahaan berkembang lebih cepat. Beberapa, server macam ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun demikian server tipe ini memiliki kelebihan tersendiri jikalau diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Model desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan tipe ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa menggunakan suplai energi, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya bila ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini tepat untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, website kabar, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni model server tertinggi. Server ini sanggup menciptakan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari 1.000 pemakai yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini umumnya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, banking, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan sistem pendingin ruangan yang optimal supaya server bisa bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi perusahaan yang memakainya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang sanggup diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang ideal akan berakibat pada kinerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam memilih server bisa berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak mampu mengakomodasi pekerjaan pemakai atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini bisa mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Komentar