Cara Pilih Jenis Server yang Cocok dengan Bisnis Anda

Simplivity Hyper ConvergenceKetika mulai merintis jasa startup jangan pernah mengeyampingkan soal pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal tersebut dapat menjadi satu elemen penting yang menentukan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Menurut yang sepatutnya dipikirkan saat pertama kali sebelum menentukan ragam server adalah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diaplikasikan untuk kebutuhan high, menengah, atau cuma diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru bisa memastikan macam server yang sesuai untuk bisnis  Anda.

Cara Pilih Jenis Server yang Cocok dengan Bisnis Anda


Sekarang ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat klasifikasi, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server jenis ini umumnya digunakan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak dipakai karena formatnya yang tipis dan gampang ditaruh pada rak server.
Model server ini sangat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pengguna computer antara dua puluh hingga 100 orang dapat memilih server macam ini. Midrange server mempunyai spek dan kesanggupan yang lebih baik dibandingkan server jenis entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai kekuatan back up untuk menjaga server tetap menyala terus.

Midrange server dapat menghandle sebagian tugas secara berbarengan. Server ini mampu mengerjakan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengendalikan cara pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga dapat meyimpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih pesat. Beberapa, server model ini menawarkan ekstension untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, meski begitu server jenis ini memiliki keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan macam ini terhubung dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa memakai suplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka jikalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Model server ini sesuai untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs info, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni model server paling tinggi. Server ini mampu menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari 1.000 user yang bergantung pada database yang besar.
Server ini umumnya diterapkan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan sistem pendingin ruangan yang optimal supaya server dapat bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang sanggup diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang ideal akan berakibat pada kinerja perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak mampu menampung pekerjaan user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi dari sisi financial, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Komentar